Setahun Perkuliahan Daring Dilakukan, FE-UNIK Gandeng Zoom dan SPADA Sebagai Media Pembelajaran

FEunik-press, Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-COV-2 belum juga berakhir. Angka penularan yang masih begitu massif di Indonesia tentunya membatasi beberapa kegiatan untuk memutus rantai penularan virus. Salah satu yang berdampak adalah kegiatan belajar mengajar, khususnya pada Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri (FE-Unik).

Sebagai upaya untuk membantu pemerintah mencegah kasus positif, pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 ini, FE-Unik menggelar perkuliahan tetap secara daring. Terhitung sudah setahun ini kegiatan belajar mengajar dilakukan tanpa adanya tatap muka. Namun, pihak kampus tetap mengupayakan kegiatan belajar tetap berjalan secara optimal dan dapat diikuti mahasiswa hanya dengan menggunakan piranti bergerak yang dimiliki mahasiswa dari rumahnya masing-masing.

Dosen menjelaskan melalui media Zoom

Agar proses belajar mengajar dapat dilaksanakan seefisien mungkin, fakultas memberikan fasilitas yang memadai. Di antaranya adalah pembelian akun Zoom premium yang dapat digunakan para dosen pengajar untuk melakukan tatap muka dengan mahasiswa tanpa adanya batas waktu. Selain itu, para dosen juga telah menunggah materi-materi pembelajaran menggunakan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) yang dapat diakses oleh mahasiswa kapanpun.

Media SPADA juga memfasilitasi mahasiswa untuk dapat mengeksplorasi topik mengenai mata kuliah terkait. Tidak hanya itu, mahasiswa juga dapat menjalani kuis, mengumpulkan tugas, berdiskusi dengan dosen ataupun mahasiswa lainnya melalui fitur-fitur SPADA Unik yang cukup lengkap.

Para dosen pengajar juga memberikan penjelasan seefisien mungkin melalui Zoom Meeting. Selain menyiapkan file presentasi, para dosen dibantu dengan staff pengajar lain dapat memanfaatkan ruang kelas untuk menjelaskan materi yang memerlukan penggambaran visual ataupun grafik lainnya. Tentunya, pada saat para dosen melakukan Zoom di area kampus telah mematuhi protocol Kesehatan yang ketat. Seperti pengecekan suhu tubuh, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (ber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *