Sarana Menyalurkan Ilmu Mahasiswa, Fakultas Ekonomi Adakan Praktek Kerja Lapangan di Banyuwangi

FEUNIK-press 01/20, Menutup semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, fakultas Ekonomi melangsungkan praktek kerja lapangan (PKL) di Kabupaten Banyuwangi selama 3 hari, mulai tanggal 9 Januari 2020 sampai tangal 11 Januari 2020. Kegiatan PKL ini diikuti oleh 200 mahasiswa yang didampingi oleh 20 dosen serta turut hadir dekan fakultas Ekonomi, Dr. Nur Laely, M.M.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa mengerti keadaan ekonomi pada daerah di luar Kediri, sekalian sebagai sarana melepas penat mahasiswa selama satu semester ini,” terang Dr Nur Laely.

Rombongan PKL ini berangkat pukul 21.00 dan tiba di Kabupaten Banyuwangi 10 jam setelahnya, yakni pukul 07.00. Setibanya di sana, rombongan beristirahat sejenak dan mengunjungi beberapa destinasi yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Rombongan PKL juga mendapat pengarahan dan kuliah tamu dari Bupati Kabupaten Bnayuwangi, Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si.

Serangkaian kegiatan PKL yang bertujuan untuk mengajak mahasiswa turun langsung ke dunia industri. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini FE Unik bekerja sama dengan CV. Pacific Harvest. Di sini, mahasiswa dapat belajar proses pengalengan ikan mulai dari proses manufaktur, packaging, sampai pada proses pemasarannya. Para mahasiswa juga dapat mempelajari bagaimana perusahaan melakukan proses impor dan ekspor ikan dalam bentuk kemasan sarden.

Di penghujjung perjalanan, para mahasiswa diizinkan untuk menikmati keelokan pantai Merah yang terletak pada ujung selatan Kabupaten Banyuwangi. Pantai Merah sendiri erupakan salah satu sekstor pariwisata di Banyuwangi yang menyumbang 10,3% pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut selama lima tahun terakhir. (ber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *