Kreatif! Mahasiswa FE-Unik Berkolaborasi dengan Mahasiswa Malaysia Sabet Medali Perunggu dalam iVEDIIC 2020

(FEUNIK-press) Di penghujung tahun 2020 lalu, mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri (FE Unik) yang bekerja sama dengan mahasiswa dari Malaysia berhasil meraih medali perunggu di ajang International Virtual Educational Innvention, Innovation and Design Competition (iVEDIIC). Acara iVEDIIC ini merupakan sebuah event yang diadakan oleh Fakultas Pendidikan Universiti Teknologi Mara (UiTM) untuk menjaring penemuan dan inovasi di dunia pendidikan. Ajang internasional ini dapat dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat di seluruh dunia.

Ajang iVEDIIC ini menjaring inovasi seluruh lapisan masyarakat dari seluruh dunia yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah. Karya ilmiah seluruh peserta telah dihimpun sejak tanggal 15 November 2020. Puncak acaranya pun dilaksanakan secara virtual satu bulan setelahnya di bulan Desember. Dalam puncak acara tersebut, seluruh peserta dapat saling berbagi informasi dan pengetahuan di bidang fokus inovasinya masing-masing.

Dengan persaingannya yang ketat, Sati Ratna Dewanti bersama Nur Atikah, Nurul Syafiqah, Nurul Najihah dan Fauzan Noor Qolbi berhasil mendapatkan penghargaan bronze medal. Inovasi yang mereka berikan untuk iVEDIIC adalah pembuatan puupuk organic dari husk durian menggunakan pemeliharaan ekstra untuk kesuburan tanaman.

Sati, perwakilan dari kelima mahasiswa yang melakukan inovasi tersebut telah secara simbolik menyerahkan penghargaan iVEDIIC yang diterima oleh pihak kampus dan diwakili oleh Drs. Sudjiono, M.M., selaku wakil dekan 1 Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Mahasiswa dari program studi manajemen ini tampak haru dan bangga atas prestasi yang diraihnya bersama praktisi akademisi lainnya di lintas negara.

Setelah penelitian dan inovasi yang dilakukan oleh Sati dan rekan-rekannya dinyatakan mendapatkan penghargaan bronze medal, kelompok Sati mendapatkan penghargaan sebesar 500 ringgit atau setara dengan sekitar 1,7 juta rupiah. Abstrak dari penelitian yang dilakukan oleh Sati dan kelompok mhasiswa Malaysia ini nantinya akan terbit pada abstract proceedings yang telah ber-ISBN pada Februari 2021 mendatang. (ber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *