6 Mahasiswa Palacký University Olomouc Ceko Kunjungi FE Unik Sebagai Bentuk Awal Kerjasama Internasional

(FEUNIK-press 9/19) Sebagai salah satu peningkatan mutu pendidikan, Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri (FE Unik) menjalani kerjasama Internasional dengan Palacký University Olomouc dari Repubilik Ceko. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan wawasan terhadap mahasiswa dari masing-masing negara mengenai berbagai macam budaya. Mulai dari budaya belajar, budaya kerja sampai pada budaya-budaya seni dan sejarah pada masing-masing negara.

Perjanjian ini disambut dengan baik oleh masing-masing perguruan tinggi. Dimulai dengan kunjungan enam mahasiswa dari Ceko yang mengunjungi Universitas Kadiri. Kedatangan enam mahasiswa ini disambut oleh dekan fakultas ekonomi Dr. Nur Laely, M.M., dan ketua bagian kerja sama Pamadya Vita, S.Pd., M.Pd.

Di hari pertama (25/9), mahasiswa dari Ceko menikmati suguhan kesenian jaranan dari UKM (Persaudaraan Setia Hati Terate) PSHT. Setelah itu, rombongan tersebut mengunjungi monumen Simpang Lima Gumul (SLG) yang berada di Kabupaten Kediri. Di sana, para mahasiswa Internasional ini diajak untuk melihat ikon kabupatan Kediri yang memiliki bentuk menyerupai bangunan Arc de Triomphe yang berada di Paris, Perancis.

Pada hari kedua (26/9), keenam mahasiswa Ceko ditemani oleh mahasiswa FE Unik mengunjungi ke tempat kerajinan tenun di Kota Kediri. Pada kunjungan kali ini, mahasiswa Ceko dapat melihat proses menenun kain dari masih menjadi kain, proses menenun berdasarkan polanya, sampai menjadi kain tenun. Di sini, para mahasiswa juga mendapatkan sampel dan juga berkesempatan membeli cinderamata.

Menutup kunjungan yang telah dilaksanakan selama dua hari, UKM Seni tidak lupa memberikan sebuah tampilan tari tradisional. “Kedepannya saya mengharapkan lebih banyak lagi keterlibatan FE Unik terhadap kerjasama internasional lainnya. Hal ini juga dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih giat mempelajari bahasa asing,” harap dekan FE Ekonomi. (ber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *